PENGERTIAN DAN KEGUNAAN REGISTRY EDITOR | MARI MEMBACA !!

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN REGISTRY EDITOR

Written By novrizal edward on Monday, April 21, 2014 | Monday, April 21, 2014

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN REGISTRY EDITOR - Registry Editor adalah suatu basis data pada sistem operasi Windows yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem yang disusun secara hierarki. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi, mulai dari konfigurasi perangkat keras,perangkat lunak, ekstensi-ekstensi berkas aplikasi, hingga preferensi penggunaan. 

Fungsi dari registry editor adalah untuk melihat, membuat, serta memodifikasi registry yang terdapat pada windows, pada registry hanya dapat melihat kode-kode bahasa komputer dari beberapa value yang ada. Yang bermanfaat untuk memudahkan sebuah sistem operasi bekerja dengan baik serta dapat mengontrol sistem operasi dengan mudah. Komponen yang terdapat pada registry editor ada tiga, yaitu key, subkey, dan value. Cara mengakses registry editor cukup mudah, hanya dengan klik tombol start+r pada windows secara bersamaan, kemudian ketik regedit pada dialog tersebut.


Setiap key dan subkey tersebut dapat memiliki nilai yang bisa ditentukan, yang disebut sebagai value. Namun cara mengakses value tidak sama dengan mengakses berkas-berkas komputer seperti layaknya pada sistem berkas. Karena setiap value memiliki jenis datanya masing-masing.


Registry memiliki beberapa bagian, yang disebut dengan key. Bagian tersebut yaitu :
  1. HKEY_LOCAL_MACHINE merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem yang bersangkutan, yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. HKEY_CURRENT_USER merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna yang sedang melakukan logon, yang menyimpan informasi mengenai konfigurasi preferensi pengguna
  3. HKEY_USERS merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi setiap pengguna yang terdaftar di dalam komputer yang bersangkutan, setiap anak kunci dari bagian ini diidentifikasikan dengan mengguakan nomor security identifier (SID) yang dimiliki oleh pengguna. Ketika pengguna melakukan logon, SID yang cocok akan dimuat ke dalam bagian HKEY_CURRENT_USER.
  4. HKEY_CLASSES_ROOT merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi pemetaan ekstensi sebuah     berkas atau objek dengan aplikasi yang dapat menanganinya.
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan saat itu yang diperoleh pada saat proses booting dilakukan.
  6. HKEY_DYN_DATA key ini hanya terdapat pada Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, merupakan tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua perangkat keras. 
Demikian penjelasan saya mengenai Registry Editor, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian. Jika ada kekurangan silahkan beri kometar pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terimakasih. 

Share this article :
Posted by: Novrizal Edward Mari Membaca !! - Updated at: Monday, April 21, 2014

 

 
Support : TWITTER | FACEBOOK
Copyright © 2013. MARI MEMBACA !! - All Rights Reserved